BIMBINGAN PKM 2021 PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN

BIMBINGAN PKM 2021 PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN

PKM merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan oleh Ditjen Diktiristek pada tahun 2021 di bawah pengelolaan Belmawa sebagai upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi Perguruan Tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Untuk itu, program studi ilmu pemerintahan melaksanakan bimbingan PKM 2021 kepada mahasiswa ilmu pemerintahan yang mengikuti program tersebut. Pelaksanaan bimbingan PKM 2021 dilaksanakan di ruang prodi Fakultas Sosial dan Humaniora dimulai pada tanggal 12 Februari 2021 hingga berakhirnya PKM 2021.

Pelaksanaan kegiatan tersebut diikuti oleh lima kelompok PKM yang setiap kelompoknya terdiri dari empat anggota dan satu ketua yang dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Akademik Karmila Sinen, M.IP. dengan total mahasiswa yang mengikuti bimbingan PKM tersebut sebanyak dua puluh lima orang.

Judul PKM yang diusulkan yaitu ; PKM-RSH yang diketuai oleh Aulia Sasmitha Ningrum berjudul “Pola Pengawasan dan Sanksi dalam Implementasi Dana Otonomi Khusus di Kampung Malasaum Kabupaten Sorong”, PKM-K yang diketuai oleh oktaviana angela kabes berjudul “USUS (Usaha Sate Ulat Sagu ) Papua”, PKM-RSH yang diketuai oleh Reinhard G Kolomsusu berjudul “Implementasi Kuota 30% Perempuan Di Parlemen DPRD Kabupaten Sorong Papua Barat”, PKM-RSH yang diketuai oleh Nurul Khotimah berjudul “Perkembangan Penggunaan Bahasa Daerah di Era Milenial bagi Masyarakat Moi di Kampung Klasawoh”, dan terakhir PKM-RSH yang diketuai oleh anggi risjayanti berjudul “Perilaku Mahasiswa Dalam Menggunakan Media Sosial di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong”. [N.A.R]