Memperkuat Kebersamaan Dalam Berorganisasi HIMIP Dan HIMKOM Gandeng Tangan Gelar MATRAS Prodi Angkatan 2021/2022

Memperkuat Kebersamaan Dalam Berorganisasi HIMIP Dan HIMKOM Gandeng Tangan Gelar MATRAS Prodi Angkatan 2021/2022

Sabtu 23/10/2021 Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMIP) dan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMKOM) Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong Sukses melaksanakan Matras Prodi yang selama dua hari satu malam yang bertema ‘’Bond of Togetherness’’. Yang bertempat di ruangan Meeting Room Gedung Papua Bekemajuan. Acara pembukaaan Matras di hadiri dan dibuka Oleh Wakil Rektor Tiga Bapak Sirajuddin, M.Pd. selaku yang membidangi Kemahasiswaan/ Keorganisasian, selain WR Tiga acara tersebut juga di hadiri  Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) dan Dosen-Dosen, beserat ketua-ketua HMJ di lingkup FISHUM. Jumlah peserta Matras Sebanyak 44 diantaranya 9 0rang dari Program Studi Ilmu Komunikasi, 35 orang dari program Studi Ilmu Pemerintahan dan 15 orang selaku panitia Matras yang notabenennya dari Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Angkatan pertama atau biasa disebut Pahlawan HIMIP.

Temah ini merupakan reaksi positif terhadap kondisi bangsa Indonesia saat ini, walaupun kita berbeda-beda  suku, Bahasa, Idiologi dan keyakinan namun kita tetap satu bangsa Indonesia. Bersama-sama menumbuhkan  nilai Kerjasama, aktif dalam proses disetiap kegiatan, dan meningkatakan solidaritas untuk mencapai suatu ikatan kekeluargaan. Dalam sebua Organisasi  akan terdapat ratusan atau ribuan yang memilki pendapat yang berbeda. Satu kepala satu ide seribu kepala seribu ide. Namun jikainggin membuat suatu kelompok yang kuat nan Solid maka selayaknya kepentingan Bersama lebih di prioritaskan dari kepentingan pribadi tinggalkan perbedaan dan galang rasa persamaan akan mengantar suatu organisasi ketitik kesuksesan. Ujar ketua panitia Matras Saudara Constantin F Fernandez.

Sebuah Organisasi atau sebuah wadah yang paling terpenting adalah kita harus satu jiwa satu pikiran guna untuk  mensukseskan apa yang kita cita-citakan atau yang diingginkan oleh organisasi, yang kedua jangan menanamkan Ego antara anggota yang satu dengan anggota yang lain Ketika dalam organisasi terdapat orang-orang yang masi mempertahankan keegoannya maka organisasi itu hanya punya program tapi tidak ada kegiatan yang dilaksanakan alias wadah tersebut jalan ditempat, Yang terakhir punya rasa tanggungjawab kalua poin tersebut ada di masing-masing orang yakin dan percaya oraganisasi itu akan berjalan sesuai apa yang di rencanakan artinya bisa melaksanakan VISI organisasi dengan baik.  organisasi sangat penting dikalangan mahasiswa  yang Namanya organisasi dan perkuliahan harus jalan Bersama atau diseimbangi, Ujar Ka. Prodi Ilmu Pemerinatahan Karmila Sinen, M.I.P. saat mengawali Sambutannya. Lanjut Rahmat Hidayat selaku Dosen Ilmu Komunikasi, saya pribadi dan dosen-desen Ilmu Komunikasi sanggat berterimah kasih kepada Program Studi Ilmu Pemerintahan yang telah berjiwa besar, berkolaborasi dengan prodi kami untuk Matras Prodi, yang diamana Prodi kami masi baru yang  diibartakan anak kecil baru belajar berjalan dan membutuh pegangan dari orang lain. Ini sala satu bentuk yang dibuat oleh Prodi Ilmu Pemerintahan.

Mahasiswa adalah agent of change, agent of perubahan yang mana mahasiswa itu harus mampu melihat persoalan-persoalan yang ada di masyarakat, mahasiswa harus mampu merubah peradaban dari mana mahasiwa mampu melakukan hal itu tidak bukan dan tidak lain mahasiswa harus mampu berorganisasi dengan baik. Ujar Warek Tiga Bapak Sirajuddin, M.Pd. Di akhir sambutan bilau jiga berpesan kepada dosen-dosen Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi agar supaya selalu mengawal kegiatan yang dilaksankan oleh Mahasiswa yakni Matras Prodi. Dengan adanya MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) mahasiswa tidak hanya ada didalam ruangan tetapi masiswa di beri kesempatan agar bisa turut aktif diluar ruangan yang artinya mahasiswa itu bisa mengikuti program atau kegiatan apasaja yang nantinya bisa dikonversikan ke mata kuliah, dikampus itu banyak program dan kegiatan seperti: PMM (Pertukaran Mahasiswa, Merdeka), Kampus Mengajar, Pejuang Muda, Program PHP2D yaitu kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa (UKM) dan atau Lembaga Eksekutif Mahasiswa. Ketika teman-teman mengikuti sala satu program yang diadakan dan bisa lolos sampai mempublis karya atau sebua artikel maka teman-teman dijamin bebas dari yang Namanya SUP (Seminar Usul Penilitian) dan Skripsi atau tugas Akhir. HAL ini di buktikan kepada mahasiswa PPKn atas nama Tika Amanda yang berhasil menempuh studinya hanya  lima semester. Harapan saya kepada teman-teman juga bisa seperti itu, dan kami akan selalu support teman-teman. Ujar Dekan Fakultas Ilmu Sosila dan Humaniora Bapak Alldila Yulia Wiellys Stutikon, M.H. [AR]